Sabtu, 07 Desember 2013

Tips Budidaya Kopi Luwak

 Hari ini, saya ingin berbagi Tips Bisnis Kopi Luwak kepada Anda yang berniat mulai usaha Kopi Luwak atau sudah menjalankan bisnis Kopi Luwak yang selama ini populer sebagai kopi terbaik di muka bumi. Tips Bisnis Kopi Luwak yang disampaikan sepenuhnya merupakan pengetahuan dan pengalaman yang telah kami alami dan terapkan selama beberapa tahun terakhir ini.
Berikut ini sejumlah Tips Bisnis Kopi Luwak dari kami:
Terkait PRODUK, silahkan jual Kopi Luwak yang benar-benar asli. Kopi Luwak Asli hukumnya wajib yang tidak boleh dilanggar dalam bisnis Kopi Luwak, karena semua konsumen Kopi Luwak menginginkan Kopi Luwak Asli. Tidak hanya itu, selain asli, Kopi Luwak yang Anda jual juga harus berkualitas. Sebab, tidak semua Kopi Luwak Asli itu berkualitas. Kopi Luwak Asli yang diproses dengan cara dan tahapan yang tidak tepat hanya akan merusak Kopi Luwak itu sendiri. Sebaliknya, Kopi Luwak Asli yang diproduksi dengan cara yang baik dan benar akan menghasilkan Kopi Luwak yang berkualitas dengan karakter yang istimewa dan sempurna.
Terkait SERTIFIKAT, sebaiknya Kopi Luwak yang akan atau sedang Anda jual telah mendapat sertifikat dari institusi yang kompeten dan berwenang. Begitu juga dengan Anda yang berposisi sebagai produsen Kopi Luwak. Anda harusnya juga sudah memiliki sertifikat produksi Kopi Luwak atau Pangan seperti sertifikat dari Dinas Kesehatan yang menegaskan bahwa Anda sudah memenuhi persyaratan melakukan produksi dan menjual Kopi Luwak. Untuk sertifikat Kopi Luwak atau Produk bisa berupa sertifikat keaslian dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian, uji laboratorium Sucofindo, bebas bakteri dari Dinas Kesehatan dan lain-lain.
Terkait PROMOSI, mestinya Anda memiliki pengetahuan yang lebih dari cukup seputar Kopi Luwak yang Anda perdagangkan. Paling tidak, Anda menguasai Product Knowledge. Product Knowledge bisa menjadi amunisi Anda dalam melakukan kegiatan promosi dan mengedukasi konsumen. Tanpa Product Knowledge, Anda akan kesulitan mendapatkan konsumen.
Masih terkait promosi, Anda juga dituntut untuk tidak memberikan informasi yang salah apalagi menyesatkan. Mari biasakan jujur memberikan informasi yang benar, edukatif dan komunikatif. Dengan begitu, konsumen akan kian tercerdaskan dan bisa repeat order. Tapi, jika Anda menginformasikan hal-hal yang salah, entah sengaja atau tidak, kemungkinan besar konsumen akan lari karena merasa tertipu. Jadi, tinggalkan kebiasaan buruk semacam itu.
Terkait PELAYANAN, seharusnya Anda pasang badan dalam memberikan pelayanan yang baik serta memuaskan konsumen. Ingat, konsumen itu adalah “raja” yang wajib dilayani dengan baik supaya merasa puas. Pelayanan yang baik harus teraplikasikan secara terus menerus ketika Anda menjawab pertanyaan konsumen, melayani pemesanan, melakukan pengiriman atau serah terima produk dan semua hal yang terkait dengan bisnis Kopi Luwak Asli.

  • Pertama, para petani mulai memetik buah kopi yang sudah matang di pohon, yang berwarna merah.
  • Kedua, setelah buah kopi terkumpul, dipilah lagi yang bagus-bagus saja, soalnya hanya buah kopi matang (warna merah) yang akan disantap musang sebagai makanannya.
  • Ketiga, luwak dipersilakan memakan buah kopi terbaik yang sudah dipilih oleh para petani tadi. Tubuh luwak hanya akan mencerna daging buahnya saja, sementara bijinya nanti akan tetap utuh saat dikeluarkan kembali dalam bentuk feces.
  • Dan keempat, inilah bentuk feces luwak yang terkenal itu, seperti sudah disebut di atas, bijinya tetap utuh kan? Secara fisik, biji kopi luwak dan kopi lain bisa dibedakan dari warna dan aromanya. Biji kopi luwak berwarna kekuningan dan wangi, sedangkan biji kopi biasa berwarna hijau dan kurang harum.
  • Kelima, selanjutnya biji kopi yang tercampur dalam feces, dipisahkan, dikumpulkan, dibersihkan, kemudian dijemur, dan jadilah biji kopi luwak yang terkenal mahal itu. Bisa dipastikan, ini adalah biji kopi terbaik, sebab hanya buah kopi matang yang dipilih musang sebagai makanannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar